Efek Buruk Pada Gigi Ketika Kekurangan Kalsium dan Cara Mencegahnya

Rekomendasi Klinik Gigi Daerah Bandung, Klinik Gigi Bandung Rating Bagus, Klinik Pasang Behel Sarijadi, Klinik Gigi Sarijadi.

Tak sedikit orang mengira bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut cukup hanya dengan menggosok gigi secara rutin pagi dan malam hari. Pasalnya, menggosok gigi tanpa asupan vitamin dan kurang maksimal dan dapat mengganggu kesehatan serta kondisi gigi. Salah satu asupan yang harus dilengkapi dan dipenuhi oleh tubuh yang berfungsi untuk kesehatan gigi adalah kalsium. Salah satu fungsi utama dari kalsium ialah untuk mendukung pembentukan gigi agar tetap kuat. Bahkan dari jumlah kalsium yang ada di tubuh, sekitar 90 persennya tersimpan di gigi. Mineral ini dibutuhkan untuk membentuk jaringan pada gigi seperti enamel (email), dentin, dan juga sementum gigi. Apabila gigi tidak mendapatkan asupan kalsium yang memadai, maka pembentukan jaringan tersebut pun akan terganggu dan mengakibatkan masalah pada kekuatan gigi itu sendiri. Lantas, apa saja efek buruk kekurangan kelsium yang berdampak pada kesehatan gigi?

Efek Buruk Kekurangan Kalsium pada Gigi

  1. Gigi Mudah Rapuh dan Tanggal

Efek dari kekurangan kalsium pada gigi dapat membuat gigi mudah rapuh atau keropos. Kondisi ini juga bisa berisiko hingga kehilangan gigi dan beresiko sakit gigi.

  1. Risiko Gangguan Mulut dan Gangguan Nutrisi

Resiko tidak hanya berdampak buruk pada gigi, bahkan kekurangan kalsium juga bisa berpotensi menyebabkan penyakit mulut dan kanker mulut. Hal ini diulas dalam studi yang terbit di jurnal Clinical Oral Investigation pada tahun 2015. Kekurangan kalsium tidak hanya berdampak pada gigi namun juga mulut yang menjadi salah satu sumber air liur dan bakteri yang harus dijaga kebersihannya. Maka dari itu, cukupilah asupan kalsium harian dengan baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah risiko penyakit pada mulut.

Namun, yang perlu digaris bawahi karena sekarang sudah banyak asupan kalsium dalam bentuk suplemen, maka disarankan untuk jangan sembarangan minum suplemen kalsium, ya. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelumnya agar dosisnya sesuai dan terhindar dari efek samping. Soalnya, mengonsumsi suplemen kalsium mungkin meningkatkan risiko serangan jantung, batu ginjal, dan gangguan pencernaan. Lebih baik utamakan asupan kalsium dari makanan dan minuman sehat alami.

Cara mencegah Kerusakan Gigi Akibat Kekurangan Kalsium

Banyak dokter dan ahli gizi merekomendasikan beberapa makanan dan minuman untuk asupan kalsium dan vitamin lainnya. Ada berbagai makanan sumber kalsium yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan harian seperti:

  • Susu dan produk olahannya, termasuk keju dan yoghurt
  • Susu kedelai
  • Tahu
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kacang almond
  • Kacang polong
  • Jus jeruk
  • Ikan

Menurut Angka Kecukupan Gizi Kemenkes RI, anjuran konsumsi kalsium untuk orang dewasa setiap harinya adalah 1.000-1.200 miligram. Namun, jumlah ini perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Tapi selain kebutuhan kalsium, gigi juga perlu nutrisi tambahan dengan memakan makanan kaya vitamin D, C dan fosfor. Vitamin D tentunya juga bisa menjaga kesehatan gigi dan vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi. Sementara, fosfor penting untuk gigi yang kuat yang bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan, telur, dan juga daging sapi. Perlu diingat, selain memenuhi asupan kalsium, perlu upaya pencegahan kerusakan gigi dengan cara merawat gigi dengan baik dan benar, seperti:

  • Merawat gigi dan gusi dengan menyikat gigi teratur, flossing, dan kunjungan ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali
  • Mengganti sikat gigi secara berkala
  • Membatasi minuman beralkohol
  • Tidak merokok
  • Mengunjungi dokter gigi segera jika terdapat ketidaknyamanan atau gejala lain yang terjadi di mulut

Sudah tahukan sekarang pentingnya mengkonsumsi makanan sehat penuh nutrisi, ada banyak manfaat yang di dapatkan tidak hanya kesehatan gigi dan mulut tetapi juga plus dengan kesehatan tubuh seperti tulang dan pertumbuhan. Mari bersama-sama sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Call Center utama kami https://wa.me/6281314912119 atau kunjungi Instagram kami https://instagram.com/tamidentalcare?igshid=MzNlNGNkZWQ4Mg==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *