Tanda-Tanda Gigi Perlu Perawatan Saluran Akar

Sedang Promo, CALL 0813-1491-2119, klinik gigi anak bandung selatan, klinik gigi buka dihari minggu, klinik gigi keluarga terdekat Cimahi, rekomendasi klinik gigi daerah antapani, klinik gigi bandung rating bagus, klinik pasang behel bojongsoang, klinik gigi bojongsoang, rekomendasi orthodentis bojongsoang, tempat perawatan gigi anak bojongsoang, klinik gigi terbaik di Bandung, klinik gigi terpercaya, klinik gigi bandung, dokter gigi bandung, klinik gigi cimahi, klinik gigi murah, klinik gigi terdekat, praktik dokter gigi.

Pada saat ketika saraf terganggu atau rusak, ini juga mengakibatkan fungsi dari gigi menurun. Jika kerusakan gigi yang telah mencapai kamar pulpa/kamar saraf, sebaiknya Anda segera melakukan perawatan saluran akar gigi sebelum kondisi semakin parah. Tujuan prosedur perawatan saluran akar gigi adalah menyelamatkan atau memperbaiki gigi yang telah terinfeksi atau rusak. Nantinya, fungsi dari gigi pun bisa kembali seperti semula dan mencegah kerusakan yang lebih luas di jaringan sekitar gigi.

Kondisi Apa yang Membutuhkan Perawatan Saluran Akar?

Jika lubang pada gigi sudah mencapai pulpa sehingga sakit gigi parah timbul, sebaiknya segera melakukan perawatan saluran akar. Pulpa sendiri adalah tempat dari serabut saraf dan pembuluh darah gigi. Pembengkakan pada gusi juga salah satu gejala dari penyakit yang memerlukan perawatan saluran akar. Terlebih apabila gusi sampai berwarna lebih merah karena peradangan, bahkan sampai terdapat benjolan berisi cairan yang dapat pecah sendiri.

Biasanya gusi akan berdarah dan disertai cairan putih kekuningan yang berasa asin, yang disebut dengan pus. Pada beberapa kasus, perawatan saluran akar juga dibutuhkan jika mulai terjadi perubahan warna gigi. Kerusakan gigi mencapai jaringan saraf dan pembuluh darah gigi, aliran darah ke gigi menjadi terhenti dan gigi menjadi non-vital, akibatnya gigi berubah warna menjadi lebih keabuan.

Proses Perawatan Saluran Akar

Gigi yang berlubang besar akan dibersihkan dan dirapikan hingga terlihat bagian saluran akar. Saluran akar gigi kemudian dibersihkan dengan alat khusus sampai ke ujung akar sehingga saraf gigi dan pembuluh darah yang non-vital dapat terambil beserta bakteri yang ada di sekitarnya. Selama prosedur perawatan saluran akar gigi, pemberian obat di dalam gigi mungkin dapat dilakukan berulang kali sesuai dengan tingkat keparahan penyakit dan gejala yang ada pada gigi tersebut.

Setelah gejala hilang, saluran akar yang telah bersih kemudian diisi dengan bahan pengganti saraf gigi agar bakteri tidak dapat masuk lagi ke dalam akar gigi. Gigi kemudian akan diperbaiki/restorasi dengan penambalan atau pembuatan mahkota gigi baru dengan bahan yang lebih kuat.

Setelah Perawatan Saluran Akar Gigi

Untuk menjaga agar tambalan dapat menempel pada gigi dengan baik setelah perawatan saluran akar, sebaiknya Anda mengurangi mengunyah di daerah gigi yang menjalani perawatan. Selain itu, dengan menghindari mengunyah menggunakan gigi yang ditambal, dapat mengurangi risiko kontaminasi pada gigi. Tetap jaga kebersihan gigi selama masa penyembuhan usai perawatan dengan menyikat gigi dan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik.

Nyeri dan sensitivitas pada gigi yang muncul setelah perawatan dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan antiradang, seperti ibuprofen dan asam mefenamat. Akan tetapi, jika infeksi kembali muncul, perawatan dapat diulangi kembali untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi. Perawatan saluran akar gigi umumnya dapat berhasil dengan baik. Sekira 90 persen pasien yang menjalani perawatan saluran akar gigi mengalami kesembuhan dan tidak mengalami infeksi kembali hingga 8-10 tahun setelah perawatan, terutama jika menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Ada baiknya apabila Anda sudah merasa memiliki gejala seperti di atas, segera periksa ke dokter gigi kepercayaan Anda. Namun, akan lebih baik kalau Anda melakukan pencegahan, salah satunya adalah dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari selama 2 menit, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, dengan pasta gigi sepanjang bulu sikat.

Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Call Center utama kami https://wa.me/6281314912119 atau kunjungi Instagram kami https://instagram.com/tamidentalcare?igshid=MzNlNGNkZWQ4Mg==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *