BOLEHKAH PERAWATAN GIGI SAAT BERPUASA?

Rekomendasi Dokter Gigi Daerah Bandung, Klinik Gigi Bandung Rating Bagus, Klinik Pasang Behel Sarijadi, Klinik Gigi Sarijadi.

Ramadhan telah tiba, mari luruskan niat untuk melakukan hal-hal baik dan mensucikan diri dari perbuatan-perbuatan tidak baik. Pastikan badan Anda tetap prima agar puasa dapat dijalankan dengan khidmat. Tentunya ketika berpuasa imun tubuh perlu dijaga dan kesehatan mulut harus tetap bersih pula. Sebelum berpuasa alangkah baiknya kita memeriksakan terlebih dahulu kesehatan gigi kita ke dokter gigi. Selain mendapatkan pengecekan dan pembersihan gigi secara keseluruhan, ini juga waktu yang tepat untuk mendapatkan tindakan-tindakan medis jika diperlukan. Seperti menambal gigi yang berlubang atau ekstraksi jika gigi berlubang sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan. Jika terlambat pemeriksaan gigi tetap bisa dilakukan. Manfaatkan juga sesi ini untuk bertanya tentang perawatan yang tepat bagi kondisi gigi dan mulut Anda, seperti jenis sikat gigi yang tepat, penggunaan. Namun tak jarang orang selalu beranggapan bahwa melakukan perawatan gigi ketika berpuasa tidak dianjurkan atau dapat membatalkan puasa dan membuat masyarakat enggan untuk melakukan perawatan gigi. Nah oleh sebab itu kita perlu memahami pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut berdasarkan hadist dan hukum yang berlaku. Pada  7 Mei 2018 Fatwa dan Majelis Ulama Indonesia Kota Bandung dengan berbagai dasar ayat Al-Qur’an maupun Hadist menetapkan hukum perawatan gigi saat berpuasa, dan hukumnya HALAL dan tidak membatalkan puasa apabila dilakukan dengan berhati-hati dan tidak berlebihan.

Tindakan yang diperbolehkan dilakukan pada saat perawatan gigi dalam kondisi berpuasa adalah sebagai berikut:

  • Pembersihan Karang gigi (scaling)
  • Tindakan pencabutan gigi
  • Penambalan Gigi
  • Pencetakan Gigi
  • Behel gigi
  • Veneer gigi
  • Bleaching gigi

Perawatan-perawatan tersebut tentunya diterapkan dengan berdasarkan hukum yang berlaku dan profesionalitas oleh para dokter gigi. Melakukan perawatan gigi ketika berpuasa akan memberikan banyak manfaat selain gigi bersih dan mulut segar juga akan mencegah berbagai penyakit yang bisa disebabkan dari mulut yang kurang sehat karena bakteri seperti radang gusi dan masalah pencernaan yang akan menghambat ibadah puasa.

Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Call Center utama kami https://wa.me/6281314912119 atau kunjungi Instagram kami https://instagram.com/tamidentalcare?igshid=MzNlNGNkZWQ4Mg==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *