Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gigi Sejak Dini

         Menjaga kesehatan gigi sejak dini sangat penting, karena kesehatan gigi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Menjaga kesehatan gigi adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diajarkan sejak kecil.

         Rutin menyikat gigi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun perlu diketahui, hal itu saja mungkin tidak cukup, apalagi pada anak-anak. Rutinitas menggosok gigi, membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur, dan menggunakan benang gigi ternyata masih belum efektif untuk menghindari gangguan yang terjadi pada gigi dan mulut.

Bahaya Tidak Menjaga Kesehatan Gigi

         Ada beragam gangguan kesehatan gigi dan mulut yang bisa muncul jika Si Kecil tidak terbiasa menjaga kebersihan area tersebut. Risiko penyakit meningkat pada anak yang jarang menyikat gigi, mengunyah permen karet atau makanan manis secara berlebihan, serta kurang minum air putih. Nyatanya, kebiasaan-kebiasaan tersebut rentan membuat gigi dan gusi rusak. Gigi yang rusak bisa menimbulkan nyeri, pembengkakan pada gusi, gigi berlubang, bahkan pembusukan gigi pada anak. Ada beragam jenis sakit gigi yang mungkin muncul, di antaranya: 

  • Periodontitis

Gangguan pada gusi bisa semakin parah, terutama jika anak tidak memiliki kebiasaan menyikat gigi dengan benar. Kondisi yang lebih berbahaya bisa terjadi, yaitu periodontitis. Kondisi ini merupakan infeksi gusi serius yang bisa merusak jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi. 

  • Radang Gusi (Gingivitis)

Gingivitis alias radang gusi juga bisa muncul akibat kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga.

  • Karies Gigi

Jenis sakit ini bersifat umum dan sering terjadi pada anak. Karies gigi muncul karena ada penumpukan plak pada area gigi dan mulut.

Cara yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi:

  1. Bersihkan gigi dan gusi anak anda saat gigi pertamanya tumbuh. Tidak hanya membersihkan sisa makanan dan bakteri, namun juga membantu menciptakan kebiasaan menyikat gigi pada pagi dan malam hari untuk anak anak.
  2. Bersihkan gigi dan gusi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, gunakan kasaa basah atau sikat gigi yang berbulu lembut.
  3. Hindari kebiasaan memberikan minum susu atau minuman manis pada anak menjelang tidur menggunakan dot karena akan menyebabkan gigi berlubang.
  4. Periksalah secara rutin dan berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Ada banyak manfaat dari merawat gigi anak sejak dini. Semakin cepat anak-anak memulai pemeriksaan gigi, semakin besar pula keuntungan yang akan didapat sepanjang hidup mereka. Beberapa di antaranya, yaitu:

1. Anak Lebih Tenang Saat ke Dokter Gigi

Memulai kunjungan gigi lebih awal akan meningkatkan kemungkinan anak melihat praktik dokter gigi sebagai bagian rutin dari kehidupan mereka. Hal ini tentu akan membantu mereka dengan pengalamannya, agar tetap tenang saat memeriksakan gigi ke dokter gigi. Karena jika anak tidak terbiasa ke dokter gigi, mereka bisa saja merasa takut atau cemas berlebih saat harus ke dokter gigi.

2. Mengedukasi Orangtua

Selain itu, pemeriksaan gigi sedari dini juga bermanfaat untuk para orangtua. Karena bisa tahu lebih banyak tentang cara menyikat gigi yang benar, rekomendasi perawatan mulut, serta dapat berdiskusi langsung dengan dokter gigi mengenai kebutuhan diet serta fluoride untuk anak.

3. Mengatasi Masalah Gigi Sedini Mungkin

Anak kecil umumnya sangat rentan terhadap kerusakan gigi. Dengan kunjungan ke dokter gigi yang dimulai sejak awal kehidupan mereka, tentu akan meningkatkan peluang dalam mendeteksi masalah gigi yang dapat berkembang.

4. Mencegah Kerusakan Gigi

Selain merawat gigi yang membusuk, anak mungkin juga memerlukan tindakan pencegahan seperti pemberian sealant atau aplikasi fluoride tambahan. Hal ini penting, terutama jika mereka berisiko lebih tinggi terhadap kerusakan gigi.

Itulah pentingnya menjaga kesehatan gigi. Yuk mulai dari sekarang perhatikan kesehatan gigi , dan jangan lupa untuk periksa gigi setiap 6 bulan sekali yaaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *