Mengapa Penting Untuk Pergi Ke Dokter gigi ?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting dilakukan bagi setiap orang tua dan muda, laki-laki dan perempuan. Selain dengan rajin gosok gigi dan pakai obat kumur, penting juga untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Kenapa harus periksa gigi?

Cek kondisi Gigi & Mulut

Pemeriksaan gigi oleh dokter gigi bisa mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan yang umum menyerang area mulut. Misalnya saja gigi berlubang (karies) dan penyakit gusi.

Mendeteksi Kerusakan Gigi Berlubang Secara Dini

Gigi berlubang adalah masalah permanen dan tidak akan bisa sembuh sendiri. Jika tidak diobati, lubang tersebut akan semakin menganga lebar dan rasa sakitnya akan semakin parah. Lubang gigi yang terlanjur parah bisa menimbulkan infeksi yang menyebar hingga ke akar dan menimbulkan bengkak (abses). Pada orang dengan daya tahan tubuh rendah, infeksi bisa menyebar hingga organ tubuh lain misalnya sinus, rahang, hingga ke daerah leher dan dada.

Dapat Mendeteksi Gejala Kanker Mulut Stadium awal

Sayangnya, kebanyakan orang tidak sadar akan masalah gigi dan mulut yang mereka alami. Padahal, semakin dini penyakit terdeteksi, perawatan akan semakin sederhana, biaya semakin murah, risiko sakit akan semakin kecil.Dokter gigi pun dapat memeriksa adanya tanda-tanda dan gejala kanker mulut saat memeriksa gigi Anda.

Mencegah Penyakit Gusi

Selain periksa gigi, dokter juga akan mengecek kondisi gusi dan jaringan pendukung gigi lainnya yang sangat berperan dalam kesehatan gigi. Mulai dari lidah, langit-langit, hingga persendian rahang. Ada masalah-masalah lain yang muncul pada jaringan penyangga gigi, seperti gusi berdarah, gusi bengkak, gusi turun, dan gigi goyang yang disebabkan karena gusi rusak, semuanya akan diperiksa. Nantinya dokter gigi akan memeriksa dan memberikan penanganan yang tepat.

Cek lidah & Terhindar Dari Bau Mulut

Dokter gigi juga akan mengecek seberapa baik Anda merawat kesehatan mulut dan gigi. Dokter pun bisa mengjarkan Anda cara menggosok gigi yang benar, serta perawatan lainnya yang diperlukan untuk gigi sehat dan terawat.Tak lupa, dokter akan menanyakan kebiasaan harian Anda, seperti pola makan, merokok, parafungsi (kebiasaan sukagigit pensil, kuku, menggertakkan rahang, bruxism atau menggemeretak gigi) yang bisa berdampak buruk pada gigi.

Membersihkan plak & karang gigi

Ketika plak yang menumpuk tidak dibersihkan dengan baik, maka akan berubah lebih padat menjadi karang gigi yang sangat sulit untuk dihilangkan tanpa bantuan seorang dokter gigi. Dengan berkunjung ke dokter gigi, dokter akan membersihkan plak dan karang gigi yang menempel pada permukaan gigi. Selain itu, dokter juga akan menunjukkan cara yang tepat dalam menyikat gigi.

Memperbaiki atau Memperindah Penampilan

Sering konsumsi minuman seperti kopi, teh, wine dan kebiasaan merokok menyebabkan gigi Anda jadi berubah warna dan membuat senyum menjadi kurang menarik. Pembersihan gigi pada saat kontrol rutin akan membantu menghilangkan noda yang menempel di gigi. Tapi untuk mengatasi noda yang warnanya lebih gelap, bisa jadi memerlukan tindakan gigi lainnya, misalnya bleaching, veneer, atau penggantian tambalan gigi.

Cek Kondisi & Otot Rahang

Sakit rahang merupakan keluhan yang umum terjadi. Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Sakit rahang dapat membuat aktivitas Anda menjadi kurang nyaman, terutama berbicara dan mengunyah. Sakit rahang dapat disebabkan beragam kondisi, misalnya kondisi sendi rahang, telinga, gigi, atau sinus yang sedang sakit. Karena penyebabnya bisa beragam, maka penanganan sakit rahang juga harus disesuaikan dengan penyebabnya.