Pentingkah gigi bagi kita?

Setiap gigi tertanam dalam rahang dan dilindungi oleh gusi. Anatomi gigi terdiri dari tiga bagian dasar, yaitu: Mahkota gigi, merupakan bagian gigi yang terlihat dan berwarna putih. Akar gigi, merupakan bagian gigi yang tertanam di dalam rahang. Leher gigi, merupakan bagian yang terlindungi oleh gusi. Akar gigi membantu mengikat gigi ke tulang. Setiap gigi memiliki lapisan atau jaringan yang fungsinya berbeda-beda, di antaranya:

  1. Email (enamel atau galzur) Merupakan bagian terluar gigi yang paling keras dan berwarna putih. Fungsinya untuk melindungi jaringan vital pada gigi, yang sebagian besar jaringan terbuat dari kalsium dan fosfat.
  2. Tulang gigi (dentin) Lapisan ini berada di bawah email. Tulang gigi adalah jaringan keras yang mengandung tabung kecil. Saat mengalami sakit gigi, rasa nyeri terasa akibat rusaknya email.
  3. Semen (cementum) Semen adalah lapisan jaringan ikat yang berperan untuk mengikat akar gigi yang kuat ke gusi dan tulang rahang. Semen berwarna kuning muda, tertutup oleh gusi dan tulang. Memiliki tekstur lebih lembut dibandingkan email dan tulang gigi. Jika tidak di rawat, semen akan mengalami pembusukan dan mengakibatkan rasa sakit. Baca juga: Fungsi Paru-Paru dan Strukturnya
  4. Sumsum gigi (pulpa) Jika semen lebih lembut dari email dan tulang gigi, sumsum gigi menjadi anatomi yang lebih lembut dari bagian yang lain. Sumsum gigi berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak yang dapat ditemukan di inti gigi. Fungsi pulpa adalah untuk memberikan nutrisi dan sinyal ke gigi.
  5. Periodontal ligament Jaringan dalam anatomi gigi yang fungsinya membantu menahan gigi pada rahang.
    Jenis-jenis gigi Gigi memiliki bentuk yang berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Berikut jenis dan fungsi gigi:
  6. Gigi seri, berjumlah delapan yang terletak di depan mulut dan berfungsi untuk menggigit makanan. Empat di atas dan empat di bawah.
  7. Gigi taring, berjumlah empat dan menjadi gigi paling tajam untuk merobek makanan. Terletak dua di atas dan dua di bawah.
  8. Gigi geraham, berjumlah delapan dan berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan.
  9. Di samping gigi geraham juga ada gigi premolar yang memiliki jumlah dan fungsi yang sama dengan gigi graham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *