Stop Lakukan Kebiasaan Ini Jika Memiliki Gigi Sensitif

1. Makan makanan asam

Sering makan makanan dengan kandungan asam yang tinggi seperti buah jeruk, tomat, kiwi, atau acar, dapat menyebabkan erosi enamel gigi dan menyebabkan rasa nyeri pada gigi.

Menghindari makanan asam dapat membantu Anda mengurangi rasa nyeri akibat gigi sensitif.

2. Menggertakkan Gigi

Kebiasaan lain yang bisa memicu gigi sensitif adalah menggertakkan gigi (bruxism). Ini karena kebiasaan menggertakkan bisa merusak email gigi, sehingga dentin akan kehilangan pelindung alaminya dan menjadi lebih sensitif.

3. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu gigi sensitif. Antara lain makanan asam, minuman bersoda, serta makanan dan minuman yang dingin maupun panas. Terlalu sering mengonsumsi makanan asam bisa melarutkan email gigi, yakni lapisan keras yang menutupi permukaan dentin. Ketika email larut, permukaan dentin akan terbuka dan menjadi sensitif pada rangsangan panas maupun dingin.

4. Menyikat Gigi Terlalu Kencang

Menyikat gigi memang baik untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tapi, jika menyikat gigi terlalu kencang, aktivitas ini justru bisa mengurangi lapisan luar gigi (enamel) dan menyebabkan terbukanya dentin di bagian leher gigi. Jika bagian ini terbuka, rangsangan panas dan dingin yang jatuh pada leher gigi akan memunculkan rasa ngilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *