APA ITU BLEACHING GIGI?

Bleaching merupakan perawatan mencerahkan gigi yang optimal

Perawatan ini merupakan suatu cara pemulihan kembali warna gigi yang berubah warna, sampai mendekati warna gigi asli melalui proses perbaikan secara kimiawi. Perawatan bleaching banyak dipilih karena prosedurnya cepat. Selain itu bleaching gigi juga mudah dan efektif untuk meningkatkan penampilan seseorang.

Perubahan warna gigi dapat dibagi menjadi dua kategori. Pertama, pewarnaan karena faktor ekstrinsik. Pewarnaan pada gigi yang disebabkan karena zat-zat warna yang terkandung dalam makanan, minuman, merokok. Beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa menyebabkan pewarnaan pada gigi seperti teh, kopi, minuman bersoda, dan lain-lain. Kedua pewarnaan karena faktor intrinsic. Perwarnaan ini disebabkan oleh penggunan tetrasiklin pada saat hamil atau pada balita, konsumsi fluoride yang terlalu tinggi, atau kelainan-kelainan lainnya.

Pewarnaan pada gigi dapat dirawat dengan berbagai cara. Untuk pewarnaan kecoklatan pada gigi yang disebabkan oleh merokok, noda teh dan kopi biasanya dapat dihilangkan saat anda melakukan scaling. Namun perawatan ini hanya untuk menghilangkan stain dan tidak bertujuan untuk mencerahkan warna gigi. Beberapa macam perawatan lain yang dapat mengatasi perubahan warna pada gigi di antaranya seperti bleaching, mikroabrasi, makroabrasi, veneering, dan pembuatan mahkota jaket porselen. Dari beberapa macam perawatan tersebut bleaching merupakan metode invasif minimal untuk mendapatkan hasil estetis yang optimal.

Pemutihan gigi biasanya menggunakan bahan oksidatif yaitu seperti hydrogen peroksida dan karbamid peroksida. Bahan tersebut nantinya  dioleskan di permukaan gigi dan akan berdifusi dalam email gigi dan melepaskan zat yang dapat memecah zat warna pada gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *