Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Scaling Dan Cara Perawatannya

SUDAHKAH ANDA MEMBERSIHKAN KARANG GIGI ?

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Scaling

scaling gigi  adalah cara membersihkan karang di bagian putih gigi, yang berbatasan dengan gusi. Sebelum menjalani prosedur ini, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Hal ini karena seseorang dengan kondisi medis tertentu, berisiko tinggi mengalami infeksi parah, misalnya pernah menjalani operasi katup dan penggantian sendi, atau memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Untuk mencegahnya, dokter akan memberikan antibiotik sebelum maupun sesudah porses scaling gigi.

Sebelum proses pembersihan mulai dilakukan, dokter akan memberikan obat bius lokal untuk menghilangkan rasa sakit selama proses pembersihan karang gigi. Alat yang digunakan untuk melakukan scaling pun beragam.

Sebagian dokter menggunakan alat pengikis konvensional dan sebagian lainnya menggunakan alat ultrasonik untuk menghilangkan karang gigi.

Secara umum, kedua metode scaling gigi ini memiliki efektivitas yang sama dalam membersihkan karang gigi. Namun, metode scaling konvensional dengan cara manual dapat membersihkan karang dan plak gigi dengan lebih rapi dibandingkan dengan alat ultrasonik.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum menentukan metode menghilangkan karang gigi mana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Untuk meningkatkan kebersihan gigi, Anda juga memerlukan proses polish atau poles gigi. Polish dilakukan dengan tujuan menghapus noda yang dihasilkan oleh karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan scaling dan polish gigi perlu dilakukan lebih dari satu kali, saat plak dan karang gigi sudah menumpuk kembali.

Tips Perawatan Setelah Menjalani Scaling gigi

Setelah menjalani scaling gigi, beberapa orang mengeluhkan nyeri pada gigi, gusi terasa bengkak, dan gusi berdarah . Untuk mencegah risiko infeksi dan mengurangi nyeri, dokter gigi mungkin akan meresepkan obat kumur  atau obat minum.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan gigi di rumah. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat gigi setelah scaling, yaitu:

  • Sikat gigi dua kali sehari dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi mengandung fluoride.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss dua kali dalam sehari.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.
  • Kurangi asupan makanan yang terlalu manis.
  • Hentikan kebiasaan merokok.

Anda juga perlu memeriksa kesehatan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali atau sesuai saran dokter gigi.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar menjaga kesehatan gigi dan mulut atau cara menghilangkan karang gigi dengan scaling, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *