Masalah pada gigi bisa menjadi pencetus masalah kesehatan lainnya

  • Caries  atau  gigi berlubang adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan lapisan email yang bisa meluas sampai ke bagian saraf gigi yang disebabkan oleh aktifitas bakteri di dalam mulut. Gigi berlubang  disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor gigi, mikroorganisme, substrat, dan waktu.
  • Periodontitis adalah infeksi gusi yang merusak gigi, jaringan lunak, dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini harus segera diobati karena dapat menyebabkan komplikasi serius.
  • Attrition adalahAkibat dari kerusakan mekanik yang abnormal sehingga struktur gigi menjadi hilang disebut abrasi gigi. Abrasi gigi disebabkan oleh gesekan terhadap gigi yang terlalu kuat dan terus menerus. Penyebab paling umum yaitu menyikat gigi terlalu keras, meskipun demikian ada banyak hal yang dapat menyebabkan abrasi gigi.
  • Abrasion gigi merupakan salah satu penyebab kerusakan jaringan keras gigiAbrasi gigi adalah proses yang tidak dapat diubah. Kondisi ini terjadi akibat proses mekanik yang tidak normal pada permukaan gigi.
  • Erosion gigi adalah kondisi terkikisnya lapisan terluar gigi yang dikenal sebagai enamel. Enamel merupakan lapisan keras transparan yang berfungsi melindungi gigi dari kerusakan. Ketika enamel mengalami erosi atau terkikis, lapisan gigi di bawah enamel yang bernama dentin akan terekspos tanpa lapisan pelindung.
  • Abfraction adalah konsep teoritis yang menjelaskan hilangnya struktur gigi yang bukan disebabkan oleh kerusakan gigi ( lesi serviks non-karies ). Diperkirakan bahwa lesi ini disebabkan oleh tekanan pada gigi saat menggigit, makan, mengunyah, dan menggeretakkan; yang enamel , terutama di persimpangan cementoenamel (CEJ), mengalami sejumlah besar stres, menyebabkan patah tulang mikro dan kehilangan jaringan gigi. Abfraksi tampaknya merupakan kondisi modern, dengan contoh lesi serviks non-karies dalam catatan arkeologi biasanya disebabkan oleh faktor-faktor lain. Abfraksi adalah bentuk kehilangan jaringan gigi non-karies yang terjadi di sepanjang margin gingiva .  Dengan kata lain, abfraksi adalah hilangnya struktur gigi secara mekanis yang bukan disebabkan oleh kerusakan gigi, yang terletak di sepanjang garis gusi. Ada bukti teoritis untuk mendukung konsep abfraksi, tetapi hanya ada sedikit bukti eksperimental.
  • Trauma gigi merujuk kepada trauma (cedera) pada gigi dan/atau periodontium (gusi, ligamen periodontaltulang alveolar), dan jaringan-jaringan lunak di dekatnya seperti bibir, lidah, dll. Kajian trauma gigi disebut traumatologi gigi.
  • Iatrogenik atau iatrogenic atau iatrogenesis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kesalahan diagnosis, komplikasi, kealpaan  dokter.
  • Multiple Factors meliputi email, dentin dan cementum yang terjadi karena interaksi multi factor dalam rongga mulut antara lain bakteri, substrat, permukaan gigi serta daya tahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *