Apa itu Diestema ?

Diastema adalah kerenggangan yang terjadi di antara deretan gigi, baik pada rahang atas maupun rahang bawah. Diastema yang berjarak 2mm atau kurang, memiliki kemungkinan untuk menutup kembali secara spontan, namun jika jarak lebih besar dari 2mm, kemungkinan untuk menutup dengan sendirinya semakin kecil.

Banyak faktor yang menyebabkan Diastema tersebut yaitu ukuran gigi dan rahang yang tak sepadan, infeksi pada gusi, kebiasaan mengisap ibu jari, terbiasa menekan gigi dengan menggunakan lidah, dan gusi yang tak tumbuh dengan normal.

Cara menangani diestema ini bisa dengan perawatan kawat gigi . Kawat gigi /orthodonti ini memiliki kabel dan braket yang menekan gigi dan secara perlahan menggerakannya untuk menutup celah. Kawat gigi yang tidak terlihat atau bisa dilepas juga bisa memperbaiki beberapa kasus diastema.

Jika anda tidak ingin menggunakan kawat gigi, maka bicarakan pada dokter tentang prosedur kosmetik untuk mengisi celah di antara gigi anda. Veneer menjadi pilihan lain yang menggunakan komposit berwarna gigi yang bisa mengisi celah atau pas pada gigi sehingga bisa meningkatkan penampilan senyum anda. Prosedur ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki gigi yang retak atau terkelupas. Anda juga bisa melakukan jembatan gigi yang bisa mengganti gigi yang hilang atau memperbaiki celah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *