Sealant Dapat Melindungi Gigi dari Kerusakan

Baik pada gigi susu maupun gigi tetap, gigi belakang ternyata merupakan gigi yang paling sering mengalami bolong/karies akibat lapisan biofilm pada gigi dan gusi. Karena pada gigi belakang banyak memiliki fissure maka hal tersebut bisa terjadi. Pada permukaan kunyah gigi-gigi belakang yang berbentuk seperti parit-parit kecil yang merupakan anatomi normal yang biasa disebut fissure.

Hal tersebut dapat menyebabkan sisa makanan dan juga plak bisa menempel pada daerah tersebut dan akan sulit untuk dibersihkan sebagaimana gigi busuk akibat sisa makanan, karena pada beberapa orang bentuk dari fissure ini cukup dalam. Dan tempat yang paling rentan mengalami karies yaitu parit tersebut.

Salah satu cara mencegah karies gigi adalah dengan prosedur fissure sealant. Perawatan gigi ini bekerja dengan menutup pit dan fissure yang dalam.


Tambalan cair gigi biasanya dipasang pada gigi geraham dan gigi geraham kecil untuk mencegah infeksi gigi/karies pada celah gigi, yang merupakan tempat bersembunyi bagi gigi berlubang. Tambalan ini direkatkan pada gigi, lapisan tersebut akan menyatu dengan alur gigi dan menciptakan pelindung pada gigi.

Fissure Sealant ini juga cocok untuk perawatan pada gigi anak anak ,Pada usia 6 tahun gigi belakang permanen akan tumbuh dan kesadaran anak untuk membersihkan gigi pada usia tersebut juga masih kurang. Selain itu anak-anak juga sering mengkonsumsi makanan manis. Sehingga bagi anak-anak sangat direkomendasikan agar giginya diberi fissure sealant sebelum terjadinya karies gigi, terlebih pada anak-anak yang memang beresiko dengan karies tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *